BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Rabu, 27 Juli 2011

1. Keyboard
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgRatmv3M7YJCiLodqYG8Ze0Ftdd0X45LWU2nGC5ocU0nxtKcSK5L5aBdlxglreZKYbC87jFCKo6w-l1TCt6WUEnk-twtC8DyTGk85lJ4xXfZpWxHcMssH33XCdXCTF7q80xvftHvRTw/s200/keyboard.jpg

Merupakan input device terpenting yang dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard berfungsi memasukkan data berupa huruf, angka, karakter/simbol, serta sebagai media bagi user untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan seperti menyimpan file. Keyboard berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christoper Latham pada tahun 1868.

Keyboard yang sekarang kita kenal memiliki beberapa jenis port, seperti USB, port serial, wireless, dan ps2. Sedangkan jenis jenis keyboard yaitu :
1. QWERTY
2. DVORAK
3. KLOCKENBERG

2. Mouse
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhd1P_JgaGiI6u9kijDHlELLvih0oL3jI-7IpL0rMBMDhqeff2RQ8xcLli7LzZlMOyuZG8gbilJLVmyD2BfLn5Mf6pWzphTMjysOmomlxbnRnh0TK67z0wcvlY8RzU_hQHSff_QOZtbow/s200/811computer_mouse.jpg

Fungsinya adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding keyboard (double click). Mouse terdiri dari tiga tombol yaitu tombol sebelah kiri (click), tombol tengah/tombol gulung (scrool), dan tombol kanan (right click). Mouse terdiri dari beberapa port yaitu serial, ps/2, USB, dan wireless.

3. Touchpad
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgTlr4IXMrC3RD44Nz0gvEkPD9kQWtsAFVhN1oNQMh59Pu0y6vc0aEwobXDVB6ZH5D_HJwe0aVZvfuOgU6hGiBWkEAVVbtyGj1r_yUI2mcHizjJV_fsCpRECWQgVOoUphBCj_mjN25n_w/s200/touchpad.jpg

Input device ini biasa kita temukan di laptop/notebook. Unit ini digunkan sebagai pengganti mouse. Jadi fungsinya juga untuk memindahkan kursor secara cepat.






4. Light Pen
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSQGxFZ-z_70XL-BWAWdducxy7tc25B3b1UO8nMSL6Yx8xP6o4CPoYUU-N3CLDgFcOUfmu5CdfN0dWjmD8sI1bVtABSiUOvcTuiVQMqPiYlfHjin9zLZey8GG_UHojidhUsVF2trSVTw/s200/light-pen-px1_3067.gif

Adalah pointer elektronik yang digunakan untuk mendesain gambar dengan screen/layar monitor. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke dalam komputer kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam sinyal elektronik setiap baris per detik.



5. Joystick dan Games Paddle
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhuYrLZQDwU6fCPgIUU8_VwFJEXTgKC8YNXTJUcGygNsAVI5aLEd7FUIIsBOcoJlxvQhWiDVJ430CMZQU5z4mZvZQti-0t69_xU_6yf0qgk51CAvhUuKpWeFxEoL7XaHdh3DbULhQ2FUA/s200/JoyStick_&_Games_Paddle.jpg

Alat ini biasa digunakan pada permainan komputer. Games paddle berbentuk tongkat dengan beberapa tombol diatasnya untuk mengendalikan suatu objek dalam komputer.


6. Barcode
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjxjTJflDvebZ2Jyctj5ukFLFhT8BD3lu1KO8aU2xmb67jAlLcFdVSmtVZZXtPVXji8RIpaZbxsHGdPPAcLKlPssbPPeHpbe9ea1hhyphenhyphenVsdn-TASStGUjsnO07EIbhNVLBj_PjTEjqCvcA/s200/barcode.png

Barcode termasuk dalam suatu unit masukan / input device. Fungsi alat ini adalah untuk menyimpad suatu kode yang berbentuk garis - tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Tapi, sekarang di negara-negara maju, barcode sudah digantikan oleh QR Code yang dapat menyimpan jumlah kode lebih banyak dan lebih besar daripada barcode [Baca: QR Code].

7. Scanner
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgloG401Hb_NEe1Jf3RTlc0l3kY4ZiwTLkMEvSg9RynG8pt6wKpdxDJ0P2oFnZ11AOTUO4FEzuUy8-FQpvFb30zhP5iYwwy0xvzFUorMc2iiY7VFe3C_emCl4vYLSIOCUrwmmX8yqDYEA/s200/c8iis5pf.jpg

Adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengcopy / menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memory komputer dengan bentuk gambar. Scanner hampir mirip dengan mesin fotocopy, tapi bedanya di scanner kita dapat memodifikasi file yang dicopy melalui monitor sebulum dicetak hasilnya.

Saat ini sedang dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader). Gunanya untuk mengkoreksi lembar jawaban komputer (LJK), biodata, dan formulir. Tapi dengan teknologi DMR, lembar jawaban tidak harus ditulis dengan menggunakan pensil 2B, tapi dapat menggunakan pulpen, spidol dan alat tulis lain serta dapat menggunakan kertas biasa.

8. Mikrofon
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLv8QYmdseXfDuyj3kS4m36ybORqNsKFQDcpySpYQkrs_TU4bw0SvazR_Pr6L6KGVoFMp44rJI23_OZwct9G7PROXruoI4IaWd2QQjDbCo3biziemeBUedbbn7GFySLnK75rKbPftEzA/s200/input-devices_7.jpg

Input device ini berfungsi untuk memasukkan data berupa suara yang akan disimpan di dalam memori komputer. Penggunaan mikrofon harus didukung oleh hardware lain seperti soundcard dan speaker.



9. Graphic Pads
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhoFIDxWXD4D6Gvrv7HPmr6mYNEFCPkgcZNrYOfC91f29KmPu3cFXFTt-ZCPyfYSeiG3-NlFfnln-VHPpAAMg6UpCkwlcb-LOqgaqzZ7LAl7F46INYZodfri7XieTNXebCEysw01vTXKA/s200/gt_vistapad_0.jpg

Karena menggunakan teknologi Computer Aided Design (CAD), maka kita dapat membuat rancangan bangunan, rumah, dll dengan menggunakan grapich pads. Graphic pads memiliki dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah. Pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane yang sensitif terhadap sentuhan. Kedua, menggunakan bantalan yang sensitif dengan sentuhan tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
























  • Keyboard http://edwin2p.com/wp-content/uploads/2010/10/Keyboard-150x102.png
Keyboard adalah perangkat input device yang sangat penting bagi komputer. Bentuknya seperti papan dengan tombol abjad dan tombol numerik serta tombol fungsi yang lain.
  • Mouse
Merupakan kategori input pointing device atau alat penunjuk pada komputer. Dan mulai dipakai pada saat sistem windows muncul ditengah-tengah kita. Yang mempunyai fungsi sebagai penunjuk pada http://edwin2p.com/wp-content/uploads/2010/10/mouse-150x150.giflayar monitor yang di simbolkan dengan tanda anak panah (arrow) pada komputer kita. Sangat berguna untuk menjelajahi windows dengan cepat dan mempermudah dalam menjalankan suatu aplikasi graphic. Bentuk mouse ada macam-macam, ada yang menggunakan 2 atau 3 tombol di atasnya, terakhir kita mengenal bentuk mouse dengan scroll yaitu bagian dari mouse yang berfungsi untuk menjelajah aplikasi keatas dan kebawah sehingga lebih cepat.
  • Trackballhttp://edwin2p.com/wp-content/uploads/2010/10/Trackball1.jpg
Kegunaan dari perangkat ini sama dengan mouse tapi dengan bentuk yang berbeda. Pergerakan perangkat dilakukan dengan bantuan bola besar yang terletak di bagian atas sehingga badan peripheral ini tetap diam ditempatnya. Penggunaaan trackball ini kita jumpai pada perangkat laptop/ notebook, atau dengan kata lain trackball merupakan mouse nya laptop.
  • Tablet http://edwin2p.com/wp-content/uploads/2010/10/tablet.jpg
Kegunaan perangkat ini sama dengan mouse dan trackball. Tetapi bentuknya menyerupai pena yang dapat digerakkan. Perangkat ini biasanya di gunakan oleh para pengguna aplikasi grafis  karena bisa mengukur kekuatan  tekanan sehingga dapat membuat gambar tebal atau tipis sesuai keinginan pengguna.

0 komentar: